Senin, 26 Januari 2015

Sebuah kata Kegagalan...


Sering kali dalam hidup ini kita menemukan kegagalan. Kegagalan memang biasa terjadi dalam perjalan hidup kita ini. Namun, tidak semua manusia dapat memaknai dari sebuah kata tersebut. Kegagalan merupakan sebuah kata sederhana yang memiliki banyak makna. Disemua bagian kehidupan pasti sering terjadi kegagalan, entah itu kegagalan cinta, kegagalan persahabatan, kegagalan keluarga, kegagalan meraih impian ataupun kegagalan lainnya. Tanpa disadari, kegagalan yang selalu kita temukan tidaklah memiliki sesuatu keistimewaan. Padahal kegagalan merupakan proses awal dari suatu pembelajaran. Ketika mereka mengalami kegagalan, pasti istilah mereka tidak ingin mengalami hal yang serupa dikemudian hari. Namun, banyak diantara mereka tidak menyadarinya. Termasuk aku.
Kegagalan yang aku alami dalam hidup pasti dilalui pula oleh orang lain. Namun, karena salah satu sifatku yang kurang peka inilah yang telah menyebabkan aku bodoh. Sebagai makhluk social, kita harusnya memiliki sifat tersebut. Setelah sekian lama, baru sekaranglah aku menyadarinya. Salah satu sifatku inilah yang membuat hidupku tidak berwarna. Setiap aku mengalami kegagalan, yang dapat aku lakukan hanyalah marah dan menyesalinya. Memang, setelah mengalami kegagalan, kita harus menyesalinya. Tapi tidak hanya sebatas menyesalinya saja. kita harus memaknainya.
Malam ini, aku merenungkan semua perjalanan hidupku. Ternyata dalam hidupku aku selalu mengalami kegagalan, namun kegagalan yang aku alami hanya bagaikan angin yang berlalu begitu saja. Malam ini aku terdiam. Terpaku. Tak berdaya. Hanya menyesali, menyesali dan menyesali saja yang dapat kulakukan. Tapi aku mulai berpikir, bukan seperti ini yang seharusnya aku lakukan. Bukan hanya meratapi apa yang telah terjadi. Bukan hanya menyesali yang telah berlalu. Masa lalu tak akan pernah kembali. Menyesali masa lalu tanpa melakukan perubahan untuk kedapnnya adalah hal yang sia-sia. Membuang waktu yang berharga.
Kegagalan yang aku lalui hari disebabkan oleh diriku sendiri. Tidak pernah melakukan perbaikan disetiap kegagalan yang aku alami. Atau mungkin keberhasilan yang telah ku capai merupakan salah satu penyebab kegagalanku. Keberhasilan yang aku laluilah yang membuat aku angkuh dan memandang remeh orang lain yang mengalami kegagalan. Mungkinkah seperti itu? Jelas mungkin, karna tidak ada yang tidak mungkin didunia ini. Tapi sejak saat ini, aku tidak ingin menjadi seperti ini terus. Aku memiliki kewajiban yang harus aku penuhi. Aku telah menerima semua hak yang memang menjadi hakku. Tapi aku belummelakukan semua kewajiban yang seharusnya aku lakukan.
Mulai detik ini aku telah bertekad untuk mengubah hidupku yang tanpa warna ini menjadi lebih berwarna. Walaupun kusadari itu tidak semudah yang aku kira. Tapi demi impianku. Masa depanku. Harapanku. Aku akan melakukan yang terbaik untuk diriku sendiri dan orang yang telah menyayangiku. Semua orang bisa karna mereka terbiasa. Oleh karena itu, aku akan mulai membiasakan diriku. Karna aku yakin inilah yang terbaik untukku dan masa depanku.

 Kegagalan telah mengajarkan ku segalanya J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar